Motivasi Kerja Karyawan – 11 Tips Menjadi Karyawan yang Berbahagia

motivasi kerja karyawanMenurut Srikumar Rao penulis Happiness at Work, masalah terbesar untuk kebahagiaan adalah Anda meyakini bahwa Anda adalah ‘tawanan keadaan’ yang akan tidak berdaya saat beberapa hal terjadi pada diri Anda. Dengan pernyataan tersebut ia menyebutkan ada 11 langkah yang bisa di capai untuk mendapatkan kebahagiaan di tempat kerja. Sebelas langkah ini bisa menjadi motivasi kerja karyawan yang selama ini merasa tertekan atas pekerjaannya.

Motivasi kerja karyawan pertama adalah menghindari penilaian buruk. Ketika ada hal buruk yang terjadi pada diri Anda, maka jangan Anda menyalahkan diri Anda. Begitu juga jika membuat kesalahan maka Anda harus segera menyadarinya tanpa menghakimi diri sendiri.

Kedua adalah praktek ketahanan ekstrim. Rao menjelaskan ketahanan ekstrim adalah kemampuan untuk bangkit dari keterpurukan. “ Anda terlalu menghabiskan banyak waktu akan sia-sia jika menuduh diri sendiri atau menyalahkan orang lain. “Anda akan selalu berada pada rasa bersalah yang terus saja membuat alasan yang Anda tahu bahwa itu adalah tindakan bodoh.

Ketiga adalah lepaskan dendam. Cara ini bisa menjadi motivasi kerja karyawan yang harus dipraktekkan. Melupakan masa lalu memang sulit namun dengan praktek maka Anda akan menguasainya.

Motivasi kerja karyawan keempat adalah membuang cemburu.  Terkadang Anda berpikir hidup ini terlalu tidak adil karena tidak memberikan anda kesuksesan. Saat anda cemburu cobalah berfikir bahwa apa yang orang lain dapatkan akan terjadi juga pada diri Anda saat ini atau diwaktu lain.

Kelima adalah tidak melihat orang sebagai mekanisme. Sering kali kita menghabiskan waktu untuk orang  mengevaluasi orang lain dan merasa bahwa diri sendiri lebih segalanya. Padahal setiap orang memiliki peran masing-masing dalam pekerjaanya.

Motivasi kerja karyawan keenam adalah membayangkan diri anda 10 tahun lalu dengan 10 tahun sekarang. Dengan cara ini maka Anda sudah bisa membedakan apa yang sudah dicapai hingga saat ini. Kebenaran inilah yang akan membantu Anda mendapatkan perspektif.

Ketujuh adalah menghindari jika/kemudian. Terlalu berandai-andai tidaklah baik. Anda yang bisa menentukan urutan kebahagiaan diri sendiri. Motivasi kerja karyawan kedelapan adalah menilai proses bukan hasil. Apapun yang anda kerjakan akan dinilai dari proses bukan hasilnya, jangan terlalu fokus pada pencapaian namun fokus pada bagaimana anda mencapai tujuan tersebut.

Kesembilan adalah pikirkan tentang orang lain. Terkadang seseorang bekerja untuk dirinya sendiri sehingga melupakan orang lain. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan banyak masalah baru di perusahaan.

Kesepuluh adalah Manfaatkan Waktu. Anda harus sebisa mungkin memanfaatkan waktu untuk segera menyelesaikan pekerjaan sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Motivasi kerja karyawan kesebelas adalah mematikan gadget yang bisa mengalihkan perhatian anda pada pekerjaan.

Itulah 11 langkah ini bisa menjadi motivasi kerja karyawan yang selama ini merasa tertekan atas pekerjaannya. Dengan langkah-langkah diatas maka Anda akan merasa lebih senang dan bahagia atas pekerjaan Anda. Pandai-pandailah memotivasi diri sendiri dan hilangkan limiting belief

Post Media Link

atrikaso